Ini Proses Perekrutan di Kompetisi ICStar Hackathon 2022!!

Created by ONE Indonesia in Articles 23 Agt 2023
Share

ICStar Hackathon 2022 merupakan kompetisi Hackathon yang menjembatani universitas dan industri dalam memanfaatkan trend teknologi terkini dan terbaru dalam Robotic Process Automation (RPA) sebagai pusat topik kompetisi. Dimana nantinya, para peserta tidak hanya berkompetisi namun juga akan mendapatkan pengembangan kemampuan secara soft skill maupun hard skill dan masih banyak lagi benefit yang akan didapatkan para peserta dari ajang kompetisi ini, salah satunya ialah berkesempatan untuk dapat direkrut dan bekerja di perusahaan mitra.  Tentu ini menjadikan ICStar Hackathon 2022 menjadi kompetisi Hackathon yang bergengsi dalam skala nasional. 

Di tahun ini sendiri, kompetisi ini bermula pada tahapan registrasi peserta yang dapat diikuti oleh mahasiswa – mahasiswi dari lebih 100 universitas di Indonesia, Malaysia, dan Afrika yang berpartisipasi dalam kompetisi Hackathon tahun ini. Dengan waktu pendaftaran kurang lebih 2 bulan lamanya, 1 Juli 2022 – 31 Agustus 2022, kompetisi ini berhasil mendapatkan lebih dari 900 registran yang tertarik dan siap menjadi peserta ICStar Hackathon 2022.

Setelah mendaftar, seluruh registran melalui tahapan screening CV, dan juga melalui tes teknikal (coderbyte) dan juga tes non-teknikal (psikotest). Tak hanya sampai situ, terdapat pula tahapan wawancara (Interview). Seluruh tahapan awal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dasar serta kesiapan para peserta dalam mengikuti kompetisi ini. Melalui tahapan ini, tersaring 78 mahasiswa yang resmi menjadi peserta utama ICStar Hackathon 2022. Dimana ke-78 peserta ini berkesempatan menjadi pemenang dan direkrut oleh perusahaan mitra. 

ICStar Hackathon 2022 resmi dimulai pada 27 September 2022, dengan berbagai rangkaian tahapan dan acara yang telah dilalui oleh para peserta, seperti Kick Off, Gathering, Business Gathering, hingga tahapan pengerjaan usecase yang menjadi tahapan utama dalam ajang kompetisi ini. Dimana setelah babak eliminasi/penyisihan, terdapat 13 peserta di dalam 5 tim finalis yang berhasil menyisihkan puluhan peserta dan maju ke babak final pada 15 Desember 2022 lalu. 

Dan setelah perjalanan panjang pada kompetisi ini, pemenang ICStar Hackathon 2022 resmi mengumumkan pemenangnya pada 16 Desember 2022 lalu. Namun tak berhenti sampai disitu, seluruh peserta ICStar Hackathon 2022, akan melalui proses perekrutan oleh perusahaan – perusahaan yang bekerja sama dengan kompetisi ICStar Hackathon 2022. Proses rekrutmen pada kompetisi ICStar Hackathon 2022 diantaranya ialah; Registrasi, Screening CV, Mengerjakan Soal Psikotes, Interview, Pengumuman Hasil Lolos atau Tidak, Additional Interview dari Industri, dan terakhir adalah Offering pada perusahaan tersebut.  Dimana dalam prosesnya, peserta akan melalui tahapan interview oleh perusahaan terkait. Jika peserta diterima atau lolos, maka peserta akan langsung melakukan offering dengan perusahaan tersebut. Namun jika belum lolos, maka peserta akan diproses untuk melakukan tahapan rekrutmen ke perusahaan lainnya. 

Peserta mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan baik sebagai intern (magang) maupun sebagai karyawan full-time. Tentu ini menjadi kesempatan besar bagi teman – teman mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru dan berharga di dalam perusahaan.  Hal ini juga didukung dengan peserta yang melalui banyak tahapan, talent berkualitas dan mumpuni dalam soft skill maupun hard skill sehingga siap untuk bekerja di dalam industri. 

Untuk teman – teman yang juga ingin mendapatkan kesempatan ini, kami tunggu dan sampai ketemu di ICStar Hackathon 2023, ya!!

Comments (0)

Share

Share this post with others